Wednesday, February 25, 2015

Cara Asik Makan Rambutan | ADeNliciouS

Rambutan
Horeee musim Rambutan udah dateeeng...
Untuk sebagian orang, buah Rambutan ini dianggap momok. Seringkali buah yang lezat ini dibilang penyebab batuk, bikin penyakit luka lambung, ataupun penyakit yang hubungannya dengan pencernaan. Wah..wah..kasian ya buah Rambutan. Padahal kandungan vitamin C nya cukup tinggi lho. Per 100g BDD (berat dapat dimakan), buah Rambutan mengandung vitamin C 58mg, lebih banyak dibanding Jeruk. Kandungan Kalsium Rambutan juga lebih besar dibandingkan Pisang.

Kalau kita tau aturan mainnya makan buah lezat ini insya Alloh penyakit aneh-aneh tadi gak bakal dateng. Yang terpenting untuk makan buah Rambutan menurut saya jangan sampe kulit bijinya terkelupas dan ikut termakan. Kulit ini sebetulnya yang bikin tenggorokan gatel. Dan untuk sebagian orang yang daya tahan tubuhnya kurang bagus bisa bikin radang tenggorokan. Aturan main yang kedua, jangan makan buah Rambutan terlalu banyak. Selalu, yang namanya berlebihan itu nggak baik ;)

Saya nggak terlalu suka buah Rambutan dibikin setup (rebusan buah dengan air gula dan kayu manis). Ada cara yang lebih asik makan Rambutan. Saya lebih suka buah Rambutan segar yang dimakan langsung tanpa proses dimasak. Tapi kalau dimakan langsung emang rawan kena kulit bijinya sih (*khusus jenis buah Rambutan Aceh). Jadi kemarin setelah panen dapet 1 tampah, kulit Rambutannya saya kupas pakai pisau, lanjutkan hingga proses pengupasan ini selesai. Cara ngupasnya usahakan sehigienis mungkin, jangan sampai kena kotoran kulit apalagi jatuh. Kalau cara ngupasnya bener, buah Rambutannya yang udah bersih ini nggak perlu dicuci. Kalaupun pengen dicuci sebaiknya pakai air mateng. Buah rambutan tanpa kulit ini tinggal kita kupasi daging buahnya pakai pisau. Kalau ngupasnya pakai tangan kulit bijinya bakal ada yang ikut. Iris daging buah Rambutan dengan sabar. Bakal ada peningkatan sekresi saliva selama proses pengirisan hehe telan saja. Jangan sampai tergoda untuk incip meski untuk seiris (*ini demi sebuah kepuasan besar Jenderal!! hahaha). Nah..kumpulin deh daging buahnya. Eits, ada bonusnya juga lho. Sejumlah air Rambutan segar yang sedikit masam. Hmmm...ini endes banget rasanya (Masih tahan dengan godaannya??)

Daging buah rambutan yang udah ngumpul tadi tinggal kasih gula agak banyak, aduk-aduk, trus masukin freezer selama 30-45menit (*tergantung kemampuan freezer masing-masing)

Penantian dan perjuangan panjang ini ada imbalannya Jenderal!!

Semangkok dingin buah Rambutan segar tanpa biji
Nikmati saat teriknya udara Jember di siang hari (*gleeeck..aaah)


Cara Asik Makan Rambutan





No comments:

Post a Comment

Instagram Adenlicious