Saturday, May 9, 2015

Pelatihan Olahan Makanan Berbahan Kelor : ADeNliciouS | Jember

September 2014 lalu saya didapuk untuk menjadi instruktur di pelatihan olahan makanan berbahan kelor (Moringa) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember. Pelatihannya sendiri diadakan di hotel Sulawesi. Mengusung tema Pendampingan Penumbuhan Wirausaha Baru di Sektor Industri Olahan Makanan Berbahan Baku Tepung Marongghi di Lingkungan Industri Hasil Tembakau, Disperindag meminta Adenlicious untuk menyiapkan materi olahan kelor. Waaaw, demam panggung!! Jangankan ngasih pelatihan, saya sendiri belum pernah ikut pelatihan. Impian saya tuh pengen ikut pelatihan bikin kue, lhah kok malah disuruh ngisi pelatihan. Anyhow, alhamdulillah everything happen for a reason :)

Ada 3 olahan kelor yang saya sampaikan di acara tersebut. Para peserta antusias bikin olahan kelornya. Ada Brownies Kelor, Mousse Cake Kelor, dan Es Kelor Moghippuccino Cincau. Foto seadanya ya, beberapa blur. Ini aja foto-foto yang berhasil kami jepret sendiri :D (5x kita minta file foto ke panitia setelah acara nggak ditanggapi, ya sudah ikhlaskan saja)



Pelatihan Olahan Makanan Berbahan Kelor : ADeNliciouS | Jember

Moghippuccino Cincau adalah perpaduan kelor dengan cappuccino dan cincau. Rasanya? Nggak kalah endes lho dibanding es capcin yang banyak dijual di pasaran. Wah pas banget, siang terik minum yang seger-seger sehat. Minuman ini semakin menyemarakkan acara pelatihan. Semoga jenis olahan ini bisa jadi inspirasi para peserta untuk berwirausaha di kemudian hari.
Pelatihan Olahan Makanan Berbahan Kelor : ADeNliciouS | Jember
Brownies kelor dikombinasi dengan brownies keju. Awalnya para peserta ngrasa aneh dengan aroma kelor di sebuah kudapan kue. Saya yakin ini hanya masalah respon otak di awal menterjemahkan rasa. Karena memang untuk beberapa orang, kelor kurang diminati. Hal itu terkait dengan isu mistis yang dikaitkan dengan daun sejuta nutrisi ini. Tapi ternyata ya, brownies kelornya abis diserbu peserta. Perpaduan manis gurih dan aroma harum kelor bikin ngincip brownies kelornya lagi dan lagi:)

Pelatihan Olahan Makanan Berbahan Kelor : ADeNliciouS | Jember


Why's Kelor? Because it's magic leaf!
Nutrisi Kelor



Kelor mengandung 46 antioksidan kuat – senyawa yang melindungi tubuh terhadap efek merusak dari radikal bebas dengan menetralkannya sebelum dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.
Tabel Kandungan Nutrisi Polong, Daun Segar dan Serbuk Daun.
Senyawa Antioksidan yang terkandung dalam kelor adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B (Choline), Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B6, Alanine, Alpha-Carotene, Arginine, Beta-Carotene, Beta-sitosterol, Caffeoylquinic Acid, Campesterol, Carotenoids, Chlorophyll, Chromium, Delta-5-Avenasterol, Delta-7-Avenasterol, Glutathione, Histidine, Indole Acetic Acid, Indoleacetonitrile, Kaempferal, Leucine, Lutein, Methionine, Myristic-Acid, Palmitic-Acid, Prolamine, Proline, Quercetin, Rutin, Selenium, Threonine, Tryptophan, Xanthins, Xanthophyll, Zeatin, Zeaxanthin, Zinc. Banyak banget kan nutrisi kelor. Masih ragu buat ngonsumsi bahan pangan sehat ini? 

Adenlicious, 2015

No comments:

Post a Comment

Instagram Adenlicious